Aksi Kekerasan Merusak Budaya Bangsa

12:59 PM 0 Comments

Melihat rentetan konflik yang terjadi di ranah Indonesia, sebenarnya apa yang terjadi di tengah masyarakat kita? Kekerasan seolah melekat dalam masyarakat Indonesia. Ia tidak hanya muncul dalam peristiwa penting seperti peralihan kekuasaan, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Konflik seakan-akan mewarnai perjalanan bangsa Indonesia dalam sepuluh tahun terakhir ini.

Pergolakan politik bangsa yang belum menemukan bentuknya seolah-olah turut memengaruhi perilaku kekerasan di tengah masyarakat Indonesia. Berdasarkan kesamaan ideologi, rasa persaudaraan tinggi (organisasi yang sama) seakan-akan turut memengaruhi perilaku brutal dan anarkis masyarakat Koja (Jakarta Utara) khususnya dan masyarakat Indonesia umumnya.

Makin marak dan berkembangnya konflik dan kekerasan yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini seakan mengukuhkan identitas Indonesia sebagai negeri seribu konflik. Budaya konflik seakan telah menjadi identitas kultural yang disematkan oleh masyarakat asing terhadap Indonesia.

Berlarut-larutnya konflik dan kekerasan yang terjadi akhir-akhir ini seperti tidak mampu untuk kita atasi. Dalam menyelesaikan persoalan konflik sosial yang terjadi di tengah masyarakat Indonesia dewasa ini, seperti konflik Koja yang terjadi baru-baru ini. Alangkah bijaknya kalau kita melihat persoalan konflik tersebut dalam perspektif budaya dalam masyarakat Indonesia itu sendiri.

Ketika persoalan konflik dilihat dari persoalan budaya, maka kita akan mengetahui akar-akar penyebab konflik itu terjadi seraya melakukan konsensus baru antarpihak yang berkonflik. Dengan demikian, tercipta sebuah jalan keluar yang adil dan tidak merugikan kedua pihak yang berkonflik.

Sumber :
Wawan Budayawan Spd
Pemerhati Masalah Sosial dan Budaya
pipa_ledeng@plasa.com

http://myzone.okezone.com/index.php/content/read/2010/04/21/9/1736/aksi-kekerasan-merusak-budaya-bangsa

0 komentar: