Potensi dan Perkembangan Teknologi Informasi Indonesia

1:49 PM , 0 Comments


Foto : indotelko.com
 
Melihat perkembangan industri teknologi informasi di Indonesia belakangan ini tentu menjadi sebuah harapan baru. Sebuah peluang untuk bisa membantu perkembangan negara ini di segala bidang. Tentunya peluang ini harus benar-benar diperhatikan semua orang baik dari pemerintah sendiri, para pelaku yang berkutat dibidang ini dan masyarakat pada umumnya.

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia sendiri yang begitu pesat tentu telah membuka mata dunia tentang kemampuan SDM Indonesia yang mampu bekerja dengan baik. Terbukti dengan developer indonesia yang sudah menciptakan berbagai inovasi baik itu tentang software, hardware (bahkan Indonesia mampu menciptakan perangkat laptop maupun hardware lainnya), keamanan jaringan dan lainnya. Tak hanya para developer indonesia, para pelaku bisnisnya juga mampu memanfaatkan perkembangan TI ini untuk membantu menggerakkan usaha mereka. Bahkan dengan sistem demokrasi  yang dianut oleh negara kita, para blogger contohnya mampu mengekspresikan ide mereka tanpa ada intervensi yang merugikan atau ancaman.

Menurut riset yang dilakukan oleh berbagai pihak, Indonesia memiliki potensi pasar ICT yang besar dimana terjadi transaksi e-commerce sebesar 30 triliun pada tahun ini. Selain itu menurut MasterCard Worldwide, sekira 57 persen orang Indonesia telah terbiasa dengan ide untuk berbisnis online, bahkan diperkirakan bisa bertambah setiap harinya.

Itulah  sebabnya mengapa perkebangan ICT di Indonesia begitu menggairahkan belakangan ini sehingga membuat berbagai perusahaan yang bergerak di bidang IT (contohnya Nokia Indonesia dengan event Nokia Developers Program sebagai infrastruktur developer Indonesia) yang mau membantu para developer Indonesia untuk menampung ide mereka agar bisa dikembangkan menjadi sebuah program, yang dimana dapat memberikan keuntungan berbagai pihak baik pihak perusahaan dalam keuntungan, pihak developer karena ada penyalur kreatifitas mereka, pihak masyarakat dan pemerintah karena  dapat merasakan sendiri kemampuan developer kita secara langsung sehingga setidaknya dapat membanggakan kita sendiri karena kemampuan SDM ternyata tidak kalah dengan negara lain.

Oleh karena itu, perkembangan teknologi informasi sendiri tentu harus mendapat dukungan dari berbagai pihak agar ICT (Information and Communication Technologi) tidak berjalan tanpa arah. Serta tentunya membutuhkan sebuah wadah tempat untuk menaungi para pelaku penggerak bidang ICT baik itu para developer program, pebisnis yang bergerak dalam bidang ICT dan lainnya yang menjadi tempat untuk merencanakan mengembangkan TI itu sendiri.

Pemerintah dalam hal ini tentu harus memberikan dukungan mereka dalam wujud memberikan fasilitas kepada para pelaku TI agar mereka tidak merasa seperti di anak tirikan. Sebagai contoh, Pemerintah di berbagai negara maju seperti Jepang, Korea Selatan, Finlandia, Inggris, dan Amerika Serikat mau memberikan fasilitas kepada pelaku IT sehingga dapat kita lihat bagaimana ICT di negara mereka begitu menggeliat bahkan hingga dapat meningkatkan pendapatan negara mereka sendiri. Tapi tentunya dukungan pemerintah jangan sampai “mensabotase” dengan membuat aturan-aturan yang terlalu mengekang para pelaku IT sehingga para perusahaan IT dan pelaku IT seperti enggan untuk mengembangkan ide dan kreatifitas mereka.

Jayalah Teknologi dan Informasi Indonesia ! :)

0 komentar: