Dampak Dari Gempa dan Tsunami yang Terjadi di Jepang

10:15 AM 0 Comments

Foto : theatlantic.com


Tahukah Anda ? Gempa besar di Jepang yang terjadi beberapa waktu lalu telah membawa dampak yang besar. Selain rusaknya PLTN di Fukushima, gempa jepang juga mengakibatkan hari di bumi menjadi lebih singkat menjadi 1,8 mikrosekon.

Selain mempercepat hari, akibat gempa jepang juga telah mengakibatkan berubahnya sumbu bumi sekira 6.5 inchi. Demikian pernyataan dari NASA yang dikutip dari laman okezone.com.

Gempa tersebut juga mengubah posisi poros Bumi. Perubahan ini akan menyebabkan perubahan rotasi Bumi tapi tidak menyebabkan posisi poros Bumi di luar angkasa, hanya kekuatan seperti daya gravitasi matahari, bulan dan planet yang dapat melakukan hal tersebut.

Richard Gross, ilmuwan dari Jet Propulsion Laboratory milik NASA di Pasadena, California mengatakan, "Rotasi Bumi berubah setiap saat, yang tidak hanya disebabkan oleh gempa Bumi, namun juga karena efek perubahan angin dan laut. Selama satu tahun panjangnya hari bertambah dan berkurang sekira satu miliseken, atau sekira 550 kali lebih besar dari perubahan yang disebabkan oleh gempa Jepang," jelas Gross.


"Posisi dari poros Bumi juga berubah setiap saat, dengan sekira 3,3 kaki dalam setahun atau sekira enam kali lebih besar dari perubahaan akibat gempa Jepang,"


Sementara itu, di semenanjung Korea juga mengalami pergeseran akibat gempa dahsyat 8,9 skala richter di Jepang. Semenanjung Korea kini telah bergeser sejauh 5 cm akibat dampak dari gempa Jepang, seperti dikutip dari laman okezone.com

Korea Astronomy and Space Science Institute (KASI) mengatakan kalau berdasarkan data dari global positioning system (GPS), semenanjung tersebut telah bergeser antara 1 sampai 5 cm tergantung pada lokasinya. Pulau Ulleung dan kepulauan dekat Dokdo di Laut Timur adalah yang paling merasakan dampak pergeseran tersebut. Demikian seperti yang dikutip dari The Hindu, Kamis (17/3/2011).

Pulau Ulleung dan Dokdo adalah wilayah Korsel yang paling dekat dengan lokasi gempa yang telah meluluhlantakan bagian timur laut Pulau Honshu pekan lalu.


Sementara bagian barat daya dari Korsel dan pulau Jeju bergeser lebih sedikit. Pusat gempa berada di 130 km timur kota Sendai di bawah laut Pasifik.

0 komentar: