Selamat Tahun Baru Hijriyah 1433

9:23 PM 0 Comments

Foto : ustadz.net


Tepat pada hari ini, umat muslim di seluruh dunia merayakan tahun baru Islam 1433 H. Tapi sayangnya, pada zaman modern ini saya melihat sudah banyak nilai keislaman yang sedikit memudar dalam diri para muslimin (terutama kaum muda). Spirit yang dibawa oleh Rasulullah saat hijrah dari Mekkah ke Madinah seakan - akan hilang dengan berbagai macam masalah.

Bicara mengenai bangsa ini, sudah terlalu banyak orang yang hijrah akan tetapi bukan hijrah yang mengarah kepada kebaikan, tetapi hijrah kepada keburukan. Sudah banyak nilai - nilai moral Islam yang sudah tidak menjadi pondasi dalam setiap muslim. Para pemuda muslim di negara ini, seperti kehilangan arah dalam hidupnya. Tawuran, pergaulan bebas, narkoba dan lain - lain seakan - akan menjadi bagian dari hidupnya dan sudah dianggap wajar (atau bahkan dianggap keren). Para pemimpin kita juga sudah seperti kehilangan kepekaan terhadap rakyat yang dipimpinnya. Bukan bermaksud untuk mendiskreditkan, tapi fakta yang terjadi dilapangan adalah buktinya. Korupsi, skandal, dan berbagai cerita lain adalah buktinya.

Mungkin saya juga termasuk orang - orang diatas atau mungkin lebih buruk. Tapi saya berharap, dengan hadirnya tahun baru Islam ini, kita semua dapat melangkah bersama dan hijrah kepada jalan kebaikan. Jangan sampai kita terlambat, jangan sampai kita tersesat, dan jangan sampai pula kita melupakan Allah. Mungkin tidak mudah, tapi ambillah contoh yang dirasakan baginda Rasulullah SAW dan para sahabatnya bagaimana mereka menemui beragam jalan terjal dan berbagai rintangan dalam perjalanannya menuju Madinah demi mewujudkan sebuah kekuatan Islam yang sejati, yaitu persatuan dalam satu keimanan. Tidak ada kata mudah dalam mencapai keberhasilan menyatukan umat Islam bagi Nabi Muhammad SAW dan para sahabatnya. Tiap tetes darah, keringat, dan taruhan nyawa rela mereka lakukan demi melihat sebuah cahaya yang menuntun umat Islam menuju kearah yang benar. Dan tidak ada kata putus asa juga dari beliau untuk memajukan umat Islam meskipun beliau selama perjalanannya menyatukan umat Islam dicaci, dihujat, dilempari dan berbagai tindakan kasar yang dilakukan oleh kaum kafir quraisy.

Inilah semangat yang harus kita jaga para kaum pemuda muslim baik ditanah air ini maupun diseluruh dunia. Spirit Islam yang sudah mengalir didalam darah kita jangan sampai memudar. Jangan sampai kita terpecah belah oleh berbagai macam hal duniawi yang dapat membawa kita kepada jalan kesesatan. Mari bersama kita tuntun bangsa ini kearah yang lebih baik lagi dan semoga para pemimpin kita mendapat hidayah dari-Nya agar selalu memiliki rasa peka terhadap rakyat dan selalu mengingat Allah agar tidak terlalu terlena dengan hal duniawi.
Semoga hari ini adalah hari dimana kita bisa memulai berhijriyah bersama menuju kearah yang benar dan selalu bertawakal kepada Allah SWT. Tidak ada namanya terlambat apabila kita mau untuk melakukan sebuah kebaikan. Dan semoga Allah selalu meridhoi kita dan memberi Hidayah kepada kita.

Amin.
 

0 komentar: