Struktur Organisasi Dan Konflik Dalam Organisasi
Foto : manajemenn.web.id |
STRUKTUR ORGANISASI
Struktur/skema Organisasi adalah suatu bagan dalam organisasi yang menggambarkan tentang susunan fungsi, bidang, tingkatan maupun rentang kendalinya.
Bagan ini menggambarkan lima aspek utama suatu struktur organisasi, yaitu :
1. Pembagian kerja
2. Rantai perintah
3. Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
4. Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
5. Tingkatan manajemen
1. Pembagian kerja
2. Rantai perintah
3. Tipe pekerjaan yang dilaksanakan
4. Pengelompokan segmen-segmen pekerjaan
5. Tingkatan manajemen
Bentuk skema Organisasi, yaitu:
1. Berdasarkan teknik atau cara
membuatnya:
- Skema organisasi tegak lurus dari atas ke bawah
- Skema organisasi mendatar dari kiri ke kanan
- Skema organisasi gabungan tegak lurus dan mendatar
- Skema organisasi lingkaran
- Skema organisasi gambar
- Skema Organisasi Fungsional:
Menjelaskan tentang letak dari fungsi-fungsi tugas dalam hubungannya dengan fungsi-fungsi yang lain. - Skema Organisasi Jabatan
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan jabatan masing-masing. - Skema Organisasi Nama
Menjelaskan tentang garis wewenang yang harus dianut sesuai dengan nama-nama para pejabat yang bersangkutan. - Skema Organisasi Nama dan
Jabatan
Menggabungkan antara masing-masing jabatan dengan masing-masing nama para pejabat dalam suatu organisasi. - Skema Organisasi Struktur
Menjelaskan tingkatan jenjang antara unit-unit dalam organisasi tersebut.
KONFLIK
Konflik berasal dari kata kerja latin configere
yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan
sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga
kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain
dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.
Konflik biasanya didasari oleh perbedaan ciri-ciri yang dibawa individu dalam suatu interaksi. Perbedaan itulah diantaranya adalah menyangkut ciri fisik,
kepandaian, pengetahuan, adat istiadat, keyakinan, dan lain sebagainya.
Dengan diikutkannya ciri-ciri individual dalam interaksi sosial,
konflik merupakan situasi yang wajar dalam setiap masyarakat
dan tidak satu masyarakat pun yang tidak pernah mengalami konflik antar
anggotanya atau dengan kelompok masyarakat lainnya, konflik hanya akan
hilang bersamaan dengan hilangnya masyarakat itu sendiri.
Sumber dan jenis konflik
Konflik bisa saja bersumber dari beberapa hal seperti :
- Perbedaan perasaan dan pendirian
Perbedaan pendirian dan perasaan akan sesuatu hal atau lingkungan yang
nyata ini dapat menjadi faktor penyebab konflik sosial, sebab dalam menjalani
hubungan sosial, seseorang tidak selalu sejalan dengan kelompoknya.
- Perbedaan latarbelakangan kebudayaan sehingga membentuk pribadi-pribadi yang berbeda
Seseorang sedikit banyak akan
terpengaruh dengan pola-pola pemikiran dan pendirian kelompoknya.
Pemikiran dan pendirian yang berbeda itu pada akhirnya akan menghasilkan
perbedaan individu yang dapat memicu konflik.
- Perbedaan antarindividu dan kelompok
Manusia memiliki perasaan,
pendirian maupun latar belakang kebudayaan
yang berbeda. Oleh sebab itu, dalam waktu yang bersamaan, masing-masing orang
atau kelompok memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Kadang-kadang orang dapat
melakukan hal yang sama, tetapi untuk tujuan yang berbeda-beda.
- Perubahan nilai-nilai yang cepat dalam masyarakat
Perubahan adalah sesuatu yang
lazim dan wajar terjadi, tetapi jika perubahan itu berlangsung cepat atau
bahkan mendadak, perubahan tersebut dapat memicu terjadinya konflik sosial
- Konflik antara atau dalam peran sosial (intrapribadi), misalnya antara peranan-peranan dalam keluarga atau profesi (konflik peran (role))
- Konflik antara kelompok-kelompok sosial (antar keluarga, antar gank).
- Konflik kelompok terorganisir dan tidak terorganisir (polisi melawan massa).
- Konflik antar satuan nasional (kampanye, perang saudara)
- Konflik antar atau tidak antar agama
- Konflik antar politik.
Strategi Penyelesaian Konflik
A.
Menghindar
Menghindari konflik dapat dilakukan
jika isu atau masalah yang memicu konflik tidak terlalu penting atau potensi
konfrontasinya tidak seimbang dengan akibat yang akan ditimbulkannya.
Penghindaran merupakan strategi yang memungkinkan pihak-pihak yang
berkonfrontasi untuk menenangkan diri.
B. Mengakomodasi
Memberi kesempatan pada orang lain
untuk mengatur strategi pemecahan masalah, khususnya apabila isu tersebut
penting bagi orang lain. Hal ini memungkinkan timbulnya kerjasama dengan
memberi kesempatan pada mereka untuk membuat keputusan.
C. Kompetisi
metode ini digunakan jika manusia
tersebut percaya bahwa dia memiliki lebih banyak informasi dan keahlian yang
lebih dibanding yang lainnya atau ketika dia tidak ingin mengkompromikan
nilai-nilai dia miliki.
D. Negosiasi
Masing-masing memberikan dan
menawarkan sesuatu pada waktu yang bersamaan, saling memberi dan menerima,
serta meminimalkan kekurangan semua pihak yang dapat menguntungkan semua pihak.
E. Memecahkan
masalah atau kolaborasi
Pemecahan sama-sama menang dimana
individu yang terlibat mempunyai tujuan kerja yang sama. Perlu adanya satu
komitmen dari semua pihak yang terlibat untuk saling mendukung dan saling
memperhatikan satu sama lainnya.
Motivasi
adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk
mencapai tujuannyaTiga elemen utama dalam definisi ini adalah intensitas, arah,
dan ketekunan
Dalam hubungan antara
motivasi dan intensitas, intensitas terkait dengan seberapa giat seseorang
berusaha, tetapi intensitas tinggi tidak menghasilkan prestasi kerja yang
memuaskan kecuali upaya tersebut dikaitkan dengan arah yang menguntungkan organisasi.Sebaliknya
elemen yang terakhir, ketekunan, merupakan ukuran mengenai berapa lama
seseorang dapat mempertahankan usahanya.
Teori
Motivasi mempengaruhi
Teori
motivasi proses ini pada dasarnya berusaha untuk menjawab pertanyaan “
bagaimana menguatkan, mengarahkan, memelihara dan menghentikan perilaku
individu”, agar setiap individu bekerja giat sesuai dengan keinginan manajer.
Bila diperhatikan secara mendalam, teori ini merupakan proses “sebab dan
akibat” bagaimana seseorang bekerja serta hasil apa yang diperolehnya. Jika
bekerja baik saat ini, maka hasilnya akan diperoleh baik untuk hari esok. Jadi
hasil yang tercapai tercermin dalam bagaimana proses kegiatan yang dilakukan
seseorang, hasil hari ini merupakan kegiatan hari kemarin.
Karena
“ego” manusia yang selalu menginginkan hasil yang baik-baik saja, maka daya
penggerak yang memotivasi semangat kerja seseorang tergantung dari harapan yang
akan diperolehnya pada masa depan. Inilah sebabnya teori ini disebut “ teori
harapan (expectancy theory dari vroom)”. Jika harapan itu dapat menjadi
kenyataan maka seseorang aka cenderung meningkatkan semangat kerjanya. Tetapi
sebalikanya bila harapan itu tidak tercapai akibatnya ia akan menjadi malu.
Teori
ini menguraikan dan menganalisis bagaimana prilaku itu digerakkan, diarahkan,
didukung, dan dihentikan. Kedua kategori ini mempunyai arti penting bagi
manajer yang pekerjaannya berhubungan dengan proses motivasi
PROSES PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Proses pengambila
keputusan adalah sebuah proses dimana terdapat sebuah langkah pemilihan alternatif
solusi untuk suatu masalah. Masalah terbagi atas
- Masalah yang harus segera terpecahkan
- Masalah yang sulit terpecahkan
- Masalah yang tidak dapat dipecahkan
Terdapat beberapa
jenis keputusan yang dapat diambil. Berdasarkan keputusan yang harus diambil
oleh level manajemen perusahaan terdiri atas :
A. Keputusan
strategis, keputusan yang dibuat oleh manajemen puncak dalam sebuah perusahaan
B. Keputusan
taktis, adalah keputusan yang dibuat oleh manajemen tingkat menegah.
C. Keputusan
operasional, adalah keputusan yang dibuat oleh tingkat manajemen yang paling
bawah.
Langkah-Langkah
pengambilan keputusan
1. Proses
identifikasi masalah atau perumusan persoalan keputusan.
2. Penetapan
parameter dan variabel yang merupakan bagian dari persoalan keputusan.
3. Penetapan
alternatif pemecahan masalah.
4. Penetapan
kriteria pemilihan alternatif untuk mendapatkan alternatif terbaik.
5. Pelaksanaan
keputusan dan evaluasi hasilnya.
Blog Radityo Mahmud Tavipiono
Blog Adi
Wikipedia (Konflik)
Blog Vivit Ardyansah
Wikipedia (Motivasi)
Warta Warga UG
Anne Ahira Site
0 komentar: